Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Kesadaran Beragama Siswa di Madrasah Tsanawiyah Biccoing Kec. Tonra

No image available for this title
Pendekatan pembelajaran yang menyenangkan dalam memberikan
pendidikan agama sehingga anak-anak menjadi manusia yang beriman dan bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif,
mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggaung jawab
terhadap kehidupannya, tidak menggantungkan diri pada orang lain.
Tujuan penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran pendidikan Agama
Islam di Madrasah Tsanawiyah Biccoing, untuk mengetahui bagaiman perilaku
siswa, dan mengetahui peranan pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap
perilaku kesadaran beragama siswa di Madrasah Tsanawiyah Biccoing Kec.Tonra.
Skripsi ini membahas tentang Peranan Pembelajara Pendidikan Agama Islam dalam
Pembinaan Kesadaran Beragama Siswa di Madrasah Tsanawiyah Biccoing Kec.
Tonra. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran objektif mengenai
bagaimana guru PAI khususnya pada pembelajaran akidah akhlak dalam membina
siswanya agar memiliki kesadaran akan pentingnya agama. Dan untuk mengetahui
kendala-kendala yang dihadapi guru dalam membimbing siswanya. Penelitian ini
merupakan penelitian yang dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Biccoing Kec.Tonra.
Pengumpulan data melalui wawancara langsung kepada kepala sekolah dan dewan
guru mata pelajaran. Analisis datanya menggunakan analisis kualitatif melalui
wawancara langsung.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pembinaan kesadaran beragama siswa di
Madrasah Tsanawiyah Biccoing termasuk sudah cukup baik, hanya saja masih ada
kendala yang dihadapi guru karna terkadang sulit mengontrol siswanya. Maka penulis
berkesimpulan bahwa pembinaan kesadaran beragama siswa di sekolah tersebut
sudah dikatan berhasil meskipun sebagian siswanya masih ada yang kurang
berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Makanya, guru di sekolah tersebut masih
perlu membimbing dan memberikan pengawasan terhadap siswanya. Saran yang
dapat disampaikan adalah pendidikan Agama Islam yang sudah dalam kategori baik
hendaknya dipertahankan dengan melakukan bimbingan dan dorongan penuh kepada
siswa agar mereka cepat sadar akan pentingnya agama.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian-uaraian di atas serta hasil penelitian terhadap peranan
pembelajaran pendidikan agama Islam dalam pembinaan kesadaran Bergama siswa
di Madrasah Tsanawiyah Biccoing Kec.Tonra, penulis dapat mengambil kesimpulan,
sebagai berikut:
1. Adapun bentuk-bentuk pembinaan kesadaran beragama yang dilakukan oleh
guru, khususnya pada guru bidang studi akidah akhlak yaitu, selalu mengaitkan
antara ibadah dengan perilaku siswa. Maksudnya adalah sikap siswa yang
masih sangat membutuhkan bimbingan dan dorongan dari guru terkadang sadar
akan pentingnya agama dan terkadang pula masih acuh tak acuh tentang
masalah ibadah.
2. Pembinaan kesadaran beragama bagi siswa Madrasah Tsanawiyah Biccoing
Kec. Tonra, mampu memberikan pengaruh positif terhadap siswa, hal ini dapat
dilihat dari perilaku siswa yang sedikit demi sedikit sudah menyadari akan
pentingnya agama bagi mereka. Pembinaan yang dilakukan oleh guru agama di
sekolah sangat penting untuk siswa dalam melaksanakan ajaran agama.
Pembinaan sikap keagamaan bukan hanya tanggung jawab guru agama tetapi
juga merupakan tanggung jawab orang tua mereka. Karena tanpa dukungan
dari orang tua dalam membina mereka maka pembinaan yang dilakukan guru
agama tidak akan maksimal.
B. Saran
Berdasarkan dengan apa yang penulis simpulkan tadi, maka penulis
memberikan beberapa rekomendasi sebagai berikut:
1. Dalam membina dan membimbing siswa perlu diadakan pengarahan,
pengajaran, dan pelatihan agar siswa dapat mengamalkan dan melaksanakan
sikap keagamaan dengan sebaik-baiknya.
2. Peningkatan sarana khususnya pendidikan agama Islam, dalam proses belajar
mengajar sarana atau media sangat membantu siswa dalam memahami
pelajaran, juga membantu siswa untuk mencapai tujuan pendidikan .sarana
berfungsi memudahkan terjadinya proses belajar mengajar.
3. Orang tua di rumah lebih aktif memberikan pembinaan dan bimbingan kepada
anaknya untuk melaksanakan ajaran agama dan memberikan contoh yang baik,
karna anak lebih banyak aktif di rumah ketimbang di sekolah
4. Siswa diharapkan mengamalkan ajaran agama dan mematuhi perintah guru
agama untuk melaksanakan ajaran agama.
Ketersediaan
ST20170228228/2017Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

228/2017

Penerbit

STAIN Watampone : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top