Peran Guru PAI dalam Membantu Mengatasi Kesulitan BelajarPeserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Cina Kab. Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai Peran Guru PAI dalam Membantu Mengatasi
Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di
SMP Negeri 4 Cina Kab. Bone Hal penting yang dikaji dalam skripsi ini yakni,
bagaimana kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam di SMP Negeri 4 Cina kab. Bone dan bagaimana strategi guru PAI dalam
membantu mengatasi kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas, digunakan metode
penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik wawancara
(interview), dokumentasi, dan observasi. Data yang diperoleh diolah dengan teknik
metode kualitatif, Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis
deskriptif kualitatif yaitu dengan reduksi data, penyajian data, triangulasi dan
penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian di lokasi dapat diketahui bahwa kesulitan belajar
peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 4 Cina
yang dialami oleh peserta didik merupakan penghambat kegiatan belajar. Berbagai
kesulitan belajar pendidikan agama Islam yang dialami oleh peserta didik antara lain
kurang memahami apa yang dijelaskan oleh guru,tidak lancar dalam membaca al-
Qur’an, dan kurang memahami tadjwid. Kesulitan belajar tersebut bisa diatasi dengan
cara memberikan bimbingan khusus kepada peserta didik yang mengalami kesulitan
belajar. Adapun strategi guru pendidikan agama Islam dalam membantu mengatasi
kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam dengann
cara peserta didik diwajibkan untuk membawa masing- masing al- Qur’an kemudian
guru menganjurkan peserta didik untuk mencari hukum bacaan, adanya bimbingan
khusus dari guru sehingga peserta didik yang mengalami kesulitan belajar bisa
teratasi dengan adanya beberapa strategi tersebut.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat mengemukakan
simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam
di SMP Negeri 4 Cina yang dialami oleh peserta didik merupakan
penghambat kegiatan belajar. Berbagai kesulitan belajar pendidikan agama
Islam yang dialami oleh peserta didik antara lain kurang memahami apa yang
dijelaskan oleh guru, tidak lancar dalam membaca al- Qur’an, dan kurang
memahami tajwid. Kesulitan belajar tersebut bisa diatasi dengan cara
memberikan bimbingan khusus kepada peserta didik yang mengalami
kesulitan belajar.
2. Srategi guru PAI dalam membantu mengatasi kesulitan belajar peserta didik
dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 4 Cina dengan
cara peserta didik diwajibkan untuk membawa masing-masing al- Qur’an
kemudian guru menganjurkan kepada peserta didik untuk mencari hukum
bacaan, memberikan bimbingan khusus dari guru, menugaskan untuk
pengulangan pelajaran yang diberikan dari guru, serta ditegaskan agar seluruh
peserta didik harus mampu membaca al- Qur’an dengan baik.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini
dikemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran
penulis dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Sebagai seorang guru sekaligus figur central, agar kiranya mempertahankan
sikap dan tetap memperhatikan ruang lingkup dalam proses pembelajaran
sehingga memberi dampak yang lebih baik kepada peserta didik dalam
meningkatkan semangat belajar dan prestasi belajarnya baik itu kemampuan
dari segi kognitif, afektif maupun psikomotoriknya.
2. Kepada para peserta didik diharapkan agar lebih mempelajari, memahami dan
selalu mengulangi pelajaran di rumah
3. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan konstribusi
kepada semua pihak khususnya para guru dan peserta didik agar kiranya
sudah tidak ada lagi peserta didik yang mengalami kesulitan belajar.
Ketersediaan
ST20170297297/2017Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

297/2017

Penerbit

STAIN Watampone : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top