Peran Pendidikan Islam dalam menciptakan Lingkungan sosial Islami di SMPN 3 Barebbo Desa Lampoko Kec. Barebbo Kab. Bone
Nirwi/02.13.1086 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai peran pendidikan Islam dalam
menciptakan lingkungan sosial Islami di SMPN 3 Barebbo. Hal penting yang
dikaji dalam skripsi ini yakni, upaya pendidik SMPN 3 Barebbo dalam
menciptakan lingkungan sosial Islami, kondisi sosial Islami di SMPN 3 Barebbo.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas, digunakan
metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik yakni
wawancara (interview), dokumentasi, dan observasi. Data yang diperoleh diolah
dengan metode kualitatif. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode
analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa menciptakan lingkungan
sosial Islami di SMPN 3 Barebbo, secara umum sudah tercipta, namun masih
terdapat kekurangan, karena adanya faktor kurangnya kesadaran tentang
pentingnya menciptakan lingkungan sosial Islami di sekolah yaitu, faktor guru
yang tidak profesional, dan faktor keterbatasan sarana dan prasarana. Di samping
itu kondisi sosial Islami di SMPN 3 Barebbo sudah bagus dengan terbina sifat
penolong peserta didik, berbudaya, saling memahami kelebihan dan kekurangan
antara sesama dengan memberikan pemahaman lebih mendalam tentang
hubungan dengan sesama baik melalui pembelajaran PAI dan pembinaan karakter
peserta didik. Semua diperoleh dengan pemberian contoh bentuk perilaku yang
baik, sehingga terbentuklah hubungan yang tentram baik di sekolah maupun di
luar sekolah. Menciptakan lingkungan sosial Islami sangat penting adanya bentuk
kerjasama antar pendidik dan peserta didik, agar dapat membina hubungan yang
tentram. Oleh karena itu sangat diperlukan pembinaan kepada peserta didik, baik
di dalam proses pembelajaran maupun di luar pembelajaran.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat
mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Kondisi sosial Islami di SMPN 3 Barebbo sudah bagus dengan terbina sifat
penolong, berbudaya, saling mamahami kelebihan dan kekurangan antar
sesama dengan memberikan pembinaan dalam pembelajaran PAI,
memberikan pemahaman lebih mendalam tentang hubungan dengan sesama
yang baik melalui pembelajaran PAI dan terbina kerakter peserta didik.
Semua diperolehdengan pemberiancontoh bentuk perilaku yang baik
sehingga terbentuklah hubungan yang tentram baik di sekolah maupun di
luar sekolah.
2. Upaya pendidik dalam menciptakan lingkungan sosial Islami di SMPN 3
Barebbo secara umum sudah tercipta, namun jika masih kurang karena
adanya faktor kurangnya kesadaran tentang pentingnya menciptakan
lingkungan sosial Islami di sekolah, faktor sarana dan prasarana.
B. Implikasi
Setelah peneliti menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini
dikemukakanimplikasipenelitian yang berisikansaran-saran. Adapun saran-saran
penulis dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Setiap pendidik harus selalu memperhatikan kegiatan religius yang
diterapkan di sekolah agar selalu tercipta lingkungan sekolah yang baik,
pendidik bukan hanya meperhatikan kegiatan religius, akan tetapi pendidik
juga harus terus mengupayakan yang terbaik, agar peserta didik yang
melaksanakan kegiatan religius dengan sungguh-sungguh.
2. Hendakhnya dalam pelaksanaan pendidikan, pendidik tidak menjadi pusat
dalam mengembangkan pembinaan perilaku Islami peserta didik, akan
tetapi dari keluarga dan masyarakatpun harus ikut mendukung dan
membantu.
3. Sebagai seorang pendidik sekaligus figur central, agar kiranya
mempertahankan sikap dan tetap menjadi teladan yang baik bagi peserta
dalam menanamkan nilai-nilai ajaran Islam.
4. Kepada peserta didik agar tercapai cita-citanya dan harus bersikap aktif
dalam proses pembelajaran ketika diberikan pelajaran oleh pendidik dan
pantang menyerah untuk mendapatkan ilmu pengetahuan serta memilki
jiwa selalu tolong menolong terhadap pendidik, temannya dan masyarakat.
5. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi
kepada semua pihak khususnya para pendidik dan peserta didik agar tetp
tercipta lingkungan sosial yang Islami
menciptakan lingkungan sosial Islami di SMPN 3 Barebbo. Hal penting yang
dikaji dalam skripsi ini yakni, upaya pendidik SMPN 3 Barebbo dalam
menciptakan lingkungan sosial Islami, kondisi sosial Islami di SMPN 3 Barebbo.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas, digunakan
metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik yakni
wawancara (interview), dokumentasi, dan observasi. Data yang diperoleh diolah
dengan metode kualitatif. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode
analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa menciptakan lingkungan
sosial Islami di SMPN 3 Barebbo, secara umum sudah tercipta, namun masih
terdapat kekurangan, karena adanya faktor kurangnya kesadaran tentang
pentingnya menciptakan lingkungan sosial Islami di sekolah yaitu, faktor guru
yang tidak profesional, dan faktor keterbatasan sarana dan prasarana. Di samping
itu kondisi sosial Islami di SMPN 3 Barebbo sudah bagus dengan terbina sifat
penolong peserta didik, berbudaya, saling memahami kelebihan dan kekurangan
antara sesama dengan memberikan pemahaman lebih mendalam tentang
hubungan dengan sesama baik melalui pembelajaran PAI dan pembinaan karakter
peserta didik. Semua diperoleh dengan pemberian contoh bentuk perilaku yang
baik, sehingga terbentuklah hubungan yang tentram baik di sekolah maupun di
luar sekolah. Menciptakan lingkungan sosial Islami sangat penting adanya bentuk
kerjasama antar pendidik dan peserta didik, agar dapat membina hubungan yang
tentram. Oleh karena itu sangat diperlukan pembinaan kepada peserta didik, baik
di dalam proses pembelajaran maupun di luar pembelajaran.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat
mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Kondisi sosial Islami di SMPN 3 Barebbo sudah bagus dengan terbina sifat
penolong, berbudaya, saling mamahami kelebihan dan kekurangan antar
sesama dengan memberikan pembinaan dalam pembelajaran PAI,
memberikan pemahaman lebih mendalam tentang hubungan dengan sesama
yang baik melalui pembelajaran PAI dan terbina kerakter peserta didik.
Semua diperolehdengan pemberiancontoh bentuk perilaku yang baik
sehingga terbentuklah hubungan yang tentram baik di sekolah maupun di
luar sekolah.
2. Upaya pendidik dalam menciptakan lingkungan sosial Islami di SMPN 3
Barebbo secara umum sudah tercipta, namun jika masih kurang karena
adanya faktor kurangnya kesadaran tentang pentingnya menciptakan
lingkungan sosial Islami di sekolah, faktor sarana dan prasarana.
B. Implikasi
Setelah peneliti menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini
dikemukakanimplikasipenelitian yang berisikansaran-saran. Adapun saran-saran
penulis dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Setiap pendidik harus selalu memperhatikan kegiatan religius yang
diterapkan di sekolah agar selalu tercipta lingkungan sekolah yang baik,
pendidik bukan hanya meperhatikan kegiatan religius, akan tetapi pendidik
juga harus terus mengupayakan yang terbaik, agar peserta didik yang
melaksanakan kegiatan religius dengan sungguh-sungguh.
2. Hendakhnya dalam pelaksanaan pendidikan, pendidik tidak menjadi pusat
dalam mengembangkan pembinaan perilaku Islami peserta didik, akan
tetapi dari keluarga dan masyarakatpun harus ikut mendukung dan
membantu.
3. Sebagai seorang pendidik sekaligus figur central, agar kiranya
mempertahankan sikap dan tetap menjadi teladan yang baik bagi peserta
dalam menanamkan nilai-nilai ajaran Islam.
4. Kepada peserta didik agar tercapai cita-citanya dan harus bersikap aktif
dalam proses pembelajaran ketika diberikan pelajaran oleh pendidik dan
pantang menyerah untuk mendapatkan ilmu pengetahuan serta memilki
jiwa selalu tolong menolong terhadap pendidik, temannya dan masyarakat.
5. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi
kepada semua pihak khususnya para pendidik dan peserta didik agar tetp
tercipta lingkungan sosial yang Islami
Ketersediaan
| ST20180098 | 98/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
98/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
