Pengamalan Berjilbab bagi Siswi Kelas XI AP di SMK Negeri 1 Barebbo Desa Carawali Kecamatan Barebbo
Juliana Rahma/02.13.184 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep Pendidikan Agama Islam d
SMK Negeri 1 Barebbo dan kontribusi guru Pendidikan Agama Islam dalam
meningkatkan kesadaran berjilbab bagi siswi SMK Negeri 1 Barebbo.
Peneliti menggunakan metode pengumpulan data melalui library Research
dan field research. Library research menggunakan kutipan langsung dan tidak
langsung, sedangkan field research menggunakan teknik observasi, interview dan
dokumentasi. Selanjutnya metode pengolahan data dan analisis data menggunakan
metode deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti menunjukkan bahwa: Pertama
pengetahuan siswi tentang jilbab berbeda-beda, akan tetapi hampir semua siswi yang
di wawancarai telah memiliki pengetahuan tentang jilbab sehingga dengan ini dapat
dikatakan bahwa pengetahuan siswi tentang jilbab tergolong dalam kategori tinggi.
Kedua Pengamalan siswi kelas XI di SMK Negeri 1 Barebbo sudah tergolong tinggi
akan tetapi belum efektif karena masih ada sebagian siswi yang belum mampu
mengamalkannya ketika berada di rumah masing-masing.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat di simpulkan bahwa:
1. Pengetahuan siswi tentang jilbab berbeda-beda, akan tetapi hampir semua
siswi yang di wawancarai telah memiliki pengetahuan tentang jilbab sehingga
dengan ini dapat dikatakan bahwa pengetahuan siswi tentang jilbab tergolong
dalam kategori tinggi.
2. Pengamalan siswi kelas XI di SMK Negeri 1 Barebbo sudah tergolong tinggi
akan tetapi belum efektif karena masih ada sebagian siswi yang belum mampu
mengamalkannya ketika berada di rumah masing-masing.
B. Implikasi
Setelah mengadakan kajian tentang pengamalan berjilbab bagi siswi kelas XI
AP di SMK Negeri 1 Barebbo maka peneliti akan memberikan implikasi berupa
saran-saran sebagai berikut:
1. Kepada para guru, dalam usaha meningkatkan pengetahuan berjilbab, para
guru hendaknya menyadari bahwa tidak semua siswa memiliki
pengetahuan tentang tentang arti penting jilbab. Untuk itu guru harus
senantiasa memotivasi siswi agar memiliki pengetahuan berjilbab dan
mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
2. Kepada orang tua, hendaknya selalu memberikan arahan dan dukungan
(moril maupun material) kepada anaknya agar mereka terus memberikan
semangat kepada anaknya untuk terus belajar dan memberikan contoh
agar dapat membantu para guru dalam memberikan pengetahuan berjilbab
pada siswi.
3. Kepada siswi, ketika Allah telah memerintahkan wanita yang sudah baligh
untuk berjilbab maka akan ada hukuman bagi yang tidak
melaksanakannya. Jilbab merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan
oleh setiap orang yang bergelar wanita tanpa ada pengecualian sama
sekali, maka di sini peneliti memberikan saran kepada siswa agar selalu
menggunakan jilbab bukan hanya ketika berada di sekolah saja akan tetapi
ketika di luar sekolah pun jilbab harus tetap dipakai.
4. Kepada peneliti selanjutnya Kepada peneliti selanjutnya, diharapkan
semoga dapat melakukan penelitian lanjutan sehingga dapat membantu
para guru dalam memberikan pengetahuan tentang kewajiban berjilbab
bagi siswi.
SMK Negeri 1 Barebbo dan kontribusi guru Pendidikan Agama Islam dalam
meningkatkan kesadaran berjilbab bagi siswi SMK Negeri 1 Barebbo.
Peneliti menggunakan metode pengumpulan data melalui library Research
dan field research. Library research menggunakan kutipan langsung dan tidak
langsung, sedangkan field research menggunakan teknik observasi, interview dan
dokumentasi. Selanjutnya metode pengolahan data dan analisis data menggunakan
metode deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti menunjukkan bahwa: Pertama
pengetahuan siswi tentang jilbab berbeda-beda, akan tetapi hampir semua siswi yang
di wawancarai telah memiliki pengetahuan tentang jilbab sehingga dengan ini dapat
dikatakan bahwa pengetahuan siswi tentang jilbab tergolong dalam kategori tinggi.
Kedua Pengamalan siswi kelas XI di SMK Negeri 1 Barebbo sudah tergolong tinggi
akan tetapi belum efektif karena masih ada sebagian siswi yang belum mampu
mengamalkannya ketika berada di rumah masing-masing.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat di simpulkan bahwa:
1. Pengetahuan siswi tentang jilbab berbeda-beda, akan tetapi hampir semua
siswi yang di wawancarai telah memiliki pengetahuan tentang jilbab sehingga
dengan ini dapat dikatakan bahwa pengetahuan siswi tentang jilbab tergolong
dalam kategori tinggi.
2. Pengamalan siswi kelas XI di SMK Negeri 1 Barebbo sudah tergolong tinggi
akan tetapi belum efektif karena masih ada sebagian siswi yang belum mampu
mengamalkannya ketika berada di rumah masing-masing.
B. Implikasi
Setelah mengadakan kajian tentang pengamalan berjilbab bagi siswi kelas XI
AP di SMK Negeri 1 Barebbo maka peneliti akan memberikan implikasi berupa
saran-saran sebagai berikut:
1. Kepada para guru, dalam usaha meningkatkan pengetahuan berjilbab, para
guru hendaknya menyadari bahwa tidak semua siswa memiliki
pengetahuan tentang tentang arti penting jilbab. Untuk itu guru harus
senantiasa memotivasi siswi agar memiliki pengetahuan berjilbab dan
mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
2. Kepada orang tua, hendaknya selalu memberikan arahan dan dukungan
(moril maupun material) kepada anaknya agar mereka terus memberikan
semangat kepada anaknya untuk terus belajar dan memberikan contoh
agar dapat membantu para guru dalam memberikan pengetahuan berjilbab
pada siswi.
3. Kepada siswi, ketika Allah telah memerintahkan wanita yang sudah baligh
untuk berjilbab maka akan ada hukuman bagi yang tidak
melaksanakannya. Jilbab merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan
oleh setiap orang yang bergelar wanita tanpa ada pengecualian sama
sekali, maka di sini peneliti memberikan saran kepada siswa agar selalu
menggunakan jilbab bukan hanya ketika berada di sekolah saja akan tetapi
ketika di luar sekolah pun jilbab harus tetap dipakai.
4. Kepada peneliti selanjutnya Kepada peneliti selanjutnya, diharapkan
semoga dapat melakukan penelitian lanjutan sehingga dapat membantu
para guru dalam memberikan pengetahuan tentang kewajiban berjilbab
bagi siswi.
Ketersediaan
| ST20170216 | 216/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
216/.2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
