Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Gemar Membaca Bagi Siswa Madrasah Ibtidayah Negeri No. 1 Pattiro Bajo Kec. Sibulue Kabupaten Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang “Peranan Guru Pendidikan Agam Islam dalam
Pembinaan Gemar Membaca Bagi Siswa Madrasah Ibtidayah Negeri No. 1 Pattiro
Bajo Kec. Sibulue”.
Untuk memperoleh data dari masalah di atas, penulis menggunakan metode
Field
research
(lapangan) dengan melakukan observasi,
dokumentasi,
dan
wawancara. Kemudian dilakukan suatu penelitian yang menghasilkan data secara
deskriptif (penggambaran) berupa fakta-fakta tertulis maupun lisan dari setiap
perilaku orang yang dicermati. Penelitian ini menggunakan pendekatan teologi
normatif, sosiologis dan pedagogik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Upaya guru pendidikan Islam
dalam menumbuhkan perilaku gemar membaca bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah
Negeri No. 1 Pattiro Bajo Kec. Sibulue yaitu mampu menjalankan fungsinya sebagai:
Pembimbing, Motivator, Korektor, Mediator, Organisator, Inspirator, Informator,
Fasilitator, Pengelola Kelas dan Evaluator. (2) Kendala yang dihadapi guru
pendidikan islam dalam pembinaan gemar membaca bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah
Negeri No. 1 Pattiro Bajo Kec. Sibulue yaitu: budaya membaca rendah, kendala
waktu yang digunakan, kurang motivasi dari orang tua dan kurangnya pengembangan
koleksi buku bacaan.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan pada bab III, maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut:
1. Upaya guru pendidikan Islam dalam menumbuhkan perilaku gemar membaca
bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri No. 1 Pattiro Bajo Kec. Sibulue yaitu
mampu menjalankan fungsinya sebagai: Pembimbing, Motivator, Korektor,
Mediator, Organisator, Inspirator, Informator, Fasilitator, Pengelola Kelas dan
Evaluator.
2. Kendala yang dihadapi guru pendidikan islam dalam pembinaan gemar
membaca bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri No. 1 Pattiro Bajo Kec.
Sibulue yaitu: budaya membaca rendah, kendala waktu yang digunakan, kurang
motivasi dari orang tua dan kurangnya pengembangan koleksi buku bacaan.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran. Adapun saran yang penulis maksud dalam pembahasan skripsi ini
yaitu:
1. Guru adalah subjek penting yang mesti diberdayakan dengan pengayaan-
pengayaan metode dalam melakukan pembinaan gemar membaca sebab
pengetahuan dan pemahaman tentang akan didapatkan melalui banyak
membaca yang paling efektif membantu memperlancar dan menyukseskan
tujuan pendidikan yang akan dicapai.
2. Kepada pimpinan sekolah diharapkan agar senantiasa menjalankan tugas dan
tanggung jawabnya dengan baik, dan tetap menjalin kerja sama yang baik
dengan bawahan agar mampu mencapai tujuan pendidikan dengan baik.
3. Kepada para pendidik agar senantiasa meningkatkan kompetensinya agar
mampu memberikan pengajaran yang baik kepada peserta didik sehingga
mampu menjadikan mereka sebagai generasi yang cerdas dan berakhlak mulia.
Ketersediaan
STAR20200275275/2020Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

275/2020

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Subyek

gemar membaca

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top