Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Gemar Membaca Bagi Siswa Madrasah Ibtidayah Negeri No. 1 Pattiro Bajo Kec. Sibulue Kabupaten Bone
Isriani Idris/02.13.1066 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang “Peranan Guru Pendidikan Agam Islam dalam
Pembinaan Gemar Membaca Bagi Siswa Madrasah Ibtidayah Negeri No. 1 Pattiro
Bajo Kec. Sibulue”.
Untuk memperoleh data dari masalah di atas, penulis menggunakan metode
Field
research
(lapangan) dengan melakukan observasi,
dokumentasi,
dan
wawancara. Kemudian dilakukan suatu penelitian yang menghasilkan data secara
deskriptif (penggambaran) berupa fakta-fakta tertulis maupun lisan dari setiap
perilaku orang yang dicermati. Penelitian ini menggunakan pendekatan teologi
normatif, sosiologis dan pedagogik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Upaya guru pendidikan Islam
dalam menumbuhkan perilaku gemar membaca bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah
Negeri No. 1 Pattiro Bajo Kec. Sibulue yaitu mampu menjalankan fungsinya sebagai:
Pembimbing, Motivator, Korektor, Mediator, Organisator, Inspirator, Informator,
Fasilitator, Pengelola Kelas dan Evaluator. (2) Kendala yang dihadapi guru
pendidikan islam dalam pembinaan gemar membaca bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah
Negeri No. 1 Pattiro Bajo Kec. Sibulue yaitu: budaya membaca rendah, kendala
waktu yang digunakan, kurang motivasi dari orang tua dan kurangnya pengembangan
koleksi buku bacaan.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan pada bab III, maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut:
1. Upaya guru pendidikan Islam dalam menumbuhkan perilaku gemar membaca
bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri No. 1 Pattiro Bajo Kec. Sibulue yaitu
mampu menjalankan fungsinya sebagai: Pembimbing, Motivator, Korektor,
Mediator, Organisator, Inspirator, Informator, Fasilitator, Pengelola Kelas dan
Evaluator.
2. Kendala yang dihadapi guru pendidikan islam dalam pembinaan gemar
membaca bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri No. 1 Pattiro Bajo Kec.
Sibulue yaitu: budaya membaca rendah, kendala waktu yang digunakan, kurang
motivasi dari orang tua dan kurangnya pengembangan koleksi buku bacaan.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran. Adapun saran yang penulis maksud dalam pembahasan skripsi ini
yaitu:
1. Guru adalah subjek penting yang mesti diberdayakan dengan pengayaan-
pengayaan metode dalam melakukan pembinaan gemar membaca sebab
pengetahuan dan pemahaman tentang akan didapatkan melalui banyak
membaca yang paling efektif membantu memperlancar dan menyukseskan
tujuan pendidikan yang akan dicapai.
2. Kepada pimpinan sekolah diharapkan agar senantiasa menjalankan tugas dan
tanggung jawabnya dengan baik, dan tetap menjalin kerja sama yang baik
dengan bawahan agar mampu mencapai tujuan pendidikan dengan baik.
3. Kepada para pendidik agar senantiasa meningkatkan kompetensinya agar
mampu memberikan pengajaran yang baik kepada peserta didik sehingga
mampu menjadikan mereka sebagai generasi yang cerdas dan berakhlak mulia.
Pembinaan Gemar Membaca Bagi Siswa Madrasah Ibtidayah Negeri No. 1 Pattiro
Bajo Kec. Sibulue”.
Untuk memperoleh data dari masalah di atas, penulis menggunakan metode
Field
research
(lapangan) dengan melakukan observasi,
dokumentasi,
dan
wawancara. Kemudian dilakukan suatu penelitian yang menghasilkan data secara
deskriptif (penggambaran) berupa fakta-fakta tertulis maupun lisan dari setiap
perilaku orang yang dicermati. Penelitian ini menggunakan pendekatan teologi
normatif, sosiologis dan pedagogik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Upaya guru pendidikan Islam
dalam menumbuhkan perilaku gemar membaca bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah
Negeri No. 1 Pattiro Bajo Kec. Sibulue yaitu mampu menjalankan fungsinya sebagai:
Pembimbing, Motivator, Korektor, Mediator, Organisator, Inspirator, Informator,
Fasilitator, Pengelola Kelas dan Evaluator. (2) Kendala yang dihadapi guru
pendidikan islam dalam pembinaan gemar membaca bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah
Negeri No. 1 Pattiro Bajo Kec. Sibulue yaitu: budaya membaca rendah, kendala
waktu yang digunakan, kurang motivasi dari orang tua dan kurangnya pengembangan
koleksi buku bacaan.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan pada bab III, maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut:
1. Upaya guru pendidikan Islam dalam menumbuhkan perilaku gemar membaca
bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri No. 1 Pattiro Bajo Kec. Sibulue yaitu
mampu menjalankan fungsinya sebagai: Pembimbing, Motivator, Korektor,
Mediator, Organisator, Inspirator, Informator, Fasilitator, Pengelola Kelas dan
Evaluator.
2. Kendala yang dihadapi guru pendidikan islam dalam pembinaan gemar
membaca bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri No. 1 Pattiro Bajo Kec.
Sibulue yaitu: budaya membaca rendah, kendala waktu yang digunakan, kurang
motivasi dari orang tua dan kurangnya pengembangan koleksi buku bacaan.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran. Adapun saran yang penulis maksud dalam pembahasan skripsi ini
yaitu:
1. Guru adalah subjek penting yang mesti diberdayakan dengan pengayaan-
pengayaan metode dalam melakukan pembinaan gemar membaca sebab
pengetahuan dan pemahaman tentang akan didapatkan melalui banyak
membaca yang paling efektif membantu memperlancar dan menyukseskan
tujuan pendidikan yang akan dicapai.
2. Kepada pimpinan sekolah diharapkan agar senantiasa menjalankan tugas dan
tanggung jawabnya dengan baik, dan tetap menjalin kerja sama yang baik
dengan bawahan agar mampu mencapai tujuan pendidikan dengan baik.
3. Kepada para pendidik agar senantiasa meningkatkan kompetensinya agar
mampu memberikan pengajaran yang baik kepada peserta didik sehingga
mampu menjadikan mereka sebagai generasi yang cerdas dan berakhlak mulia.
Ketersediaan
| STAR20200275 | 275/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
275/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
