Implementasi Media Flashcard Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Kelas X) Pada Pembleajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MA Akae Ulaweng
RAMLAH/02.13.1096 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai Implementasi Media Flashcard Dalam
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Kelas X) Pada Pembelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam Di MA Akae Ulaweng. Hal penting yang dikaji dalam skripsi ini
yakni, bagaimana prosedur penggunaan media flashcard pada pembelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam (SKI) di MA Akae Ulaweng, bagaimana dampak penggunaan
media flashcard terhadap siswa (kelas X) pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan
Islam (SKI) di MA Akae Ulaweng. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan
(field research) yang bersifat kualitatif dengan analisis data deskriptif. Proses
pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian di lokasi dapat diketahui Prosedur penggunaan
media flashcard pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dilakukan
dalam delapan kali pertemuan. Setiap pertemuan media ini di perlihatkan setelah
pembagian materi dan pemaparan materi oleh guru, media di angkat setinggi dada
agar setiap siswa bisa melihat media dengan jelas dan siswa berlomba-lomba
menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan media yang diperlihatkan untuk
mendapatkan poin (nilai). Dampak penggunaan media flashcard terhadap siswa pada
pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam berdampak positif, hal ini dibuktikan pada
lembar observasi setiap pertemuan. Pada pertemuan pertama dan kedua, pembelajaran
sudah berjalan sesuai dengan harapan peneliti dan guru. Siswa sangat rajin mengikuti
pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Pertemuan ketiga dan keermpat
mengalami perubahan yang lebih baik. Siswa lebih aktif serta tidak mudah bosan
dalam mengerjakan tugas-tugas yang rutin. Pertemuan lima sampai delapan ini siswa
mulai terbiasa dengan media flashcard. Aktivitas siswa telah menunjukkan
perubahan, siswa lebih mudah memahami pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
(SKI).
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat mengemukakan
simpulan hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Prosedur penggunaan media flashcard pada pembelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam (SKI) dilakukan dalam delapan kali pertemuan. Setiap
pertemuan media ini di perlihatkan setelah pembagian materi dan pemaparan
materi oleh guru, media di angkat setinggi dada agar setiap siswa bisa melihat
media dengan jelas dan siswa berlomba-lomba menjawab pertanyaan yang
berhubungan dengan media yang diperlihatkan untuk mendapatkan poin
(nilai). Dari hasil penelitian diperoleh bahwa media flashcard memudahkan
Guru dan siswa dalam peroses pembelajaran, dan membuat suasana kelas
lebih menyenangkan sekaligus melatih kementalan siswa, bahkan dengan
menerapkan media flashcard siswa merasa tidak bosan dalam proses
pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI).
2. Dampak penggunaan media flashcard terhadap siswa pada pembelajaran
Sejarah Kebudayaan Islam berdampak positif, hal ini dibuktikan pada lembar
observasi setiap pertemuan. Pada pertemuan pertama dan kedua, pembelajaran
sudah berjalan sesuai dengan harapan peneliti dan guru. Siswa menunjukkan
minat terhadap macam-macam masalah dalam belajar. Pertemuan ketiga dan
keermpat mengalami perubahan yang lebih baik. Siswa lebih rajin mengikuti
pembelajaran serta tidak mudah bosan dalam mengerjakan tugas-tugas yang
rutin. Pertemuan lima sampai delapan ini siswa mulai terbiasa dengan media
flashcard. Aktivitas siswa telah menunjukkan perubahan, siswa menjadi lebih
aktif dalam proses pembelajaran yang ditandai dengan siswa lebih tekun
dalam mengerjakan tugasnya, senang mencari dan memecahkan masalah soalsoal.
Nilai yang baik dari setiap siswa bisa dilihat dari setiap pertemuan
karena dengan menggunakan media flashcard aspek afektif, kognitif, dan
psikomotorik terlihat pada proses pembelajaran. Penilaian aspek afektif setiap
siswa dinilai ketika siswa mampu bekerjasama, dan mampu menghargai
pendapat temannya pada saat proses pembelajaran seperti diskusi. Penilaian
aspek kognitif setiap siswa dinilai ketika siswa memperhatikan dan mampu
memahami media flashcard yang ditampilkan. Adapun penilaian aspek
psikomotorik setiap siswa dinilai ketika siswa berlomba-lomba untuk
menjawab pertanyaan baik individu maupun kelompok dan setiap jawaban
akan diberikan nilai dan langsung ditulis pada tabel penilaian di papantulis.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini
dikemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran
penulis dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Bagi siswa agar lebih meningkatkan motivasi belajar dengan menggunakan
media flashcard, sehingga dapat menambah pengetahuan dan wawasan
tentang Sejarah Kebudayaan Islam agar memperoleh nilai yang baik.
2. Bagi guru diharapkan menggunakan media, metode atau hal-hal yang
membuat siswa lebih termotivasi untuk belajar.
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Kelas X) Pada Pembelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam Di MA Akae Ulaweng. Hal penting yang dikaji dalam skripsi ini
yakni, bagaimana prosedur penggunaan media flashcard pada pembelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam (SKI) di MA Akae Ulaweng, bagaimana dampak penggunaan
media flashcard terhadap siswa (kelas X) pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan
Islam (SKI) di MA Akae Ulaweng. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan
(field research) yang bersifat kualitatif dengan analisis data deskriptif. Proses
pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian di lokasi dapat diketahui Prosedur penggunaan
media flashcard pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dilakukan
dalam delapan kali pertemuan. Setiap pertemuan media ini di perlihatkan setelah
pembagian materi dan pemaparan materi oleh guru, media di angkat setinggi dada
agar setiap siswa bisa melihat media dengan jelas dan siswa berlomba-lomba
menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan media yang diperlihatkan untuk
mendapatkan poin (nilai). Dampak penggunaan media flashcard terhadap siswa pada
pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam berdampak positif, hal ini dibuktikan pada
lembar observasi setiap pertemuan. Pada pertemuan pertama dan kedua, pembelajaran
sudah berjalan sesuai dengan harapan peneliti dan guru. Siswa sangat rajin mengikuti
pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Pertemuan ketiga dan keermpat
mengalami perubahan yang lebih baik. Siswa lebih aktif serta tidak mudah bosan
dalam mengerjakan tugas-tugas yang rutin. Pertemuan lima sampai delapan ini siswa
mulai terbiasa dengan media flashcard. Aktivitas siswa telah menunjukkan
perubahan, siswa lebih mudah memahami pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
(SKI).
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat mengemukakan
simpulan hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Prosedur penggunaan media flashcard pada pembelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam (SKI) dilakukan dalam delapan kali pertemuan. Setiap
pertemuan media ini di perlihatkan setelah pembagian materi dan pemaparan
materi oleh guru, media di angkat setinggi dada agar setiap siswa bisa melihat
media dengan jelas dan siswa berlomba-lomba menjawab pertanyaan yang
berhubungan dengan media yang diperlihatkan untuk mendapatkan poin
(nilai). Dari hasil penelitian diperoleh bahwa media flashcard memudahkan
Guru dan siswa dalam peroses pembelajaran, dan membuat suasana kelas
lebih menyenangkan sekaligus melatih kementalan siswa, bahkan dengan
menerapkan media flashcard siswa merasa tidak bosan dalam proses
pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI).
2. Dampak penggunaan media flashcard terhadap siswa pada pembelajaran
Sejarah Kebudayaan Islam berdampak positif, hal ini dibuktikan pada lembar
observasi setiap pertemuan. Pada pertemuan pertama dan kedua, pembelajaran
sudah berjalan sesuai dengan harapan peneliti dan guru. Siswa menunjukkan
minat terhadap macam-macam masalah dalam belajar. Pertemuan ketiga dan
keermpat mengalami perubahan yang lebih baik. Siswa lebih rajin mengikuti
pembelajaran serta tidak mudah bosan dalam mengerjakan tugas-tugas yang
rutin. Pertemuan lima sampai delapan ini siswa mulai terbiasa dengan media
flashcard. Aktivitas siswa telah menunjukkan perubahan, siswa menjadi lebih
aktif dalam proses pembelajaran yang ditandai dengan siswa lebih tekun
dalam mengerjakan tugasnya, senang mencari dan memecahkan masalah soalsoal.
Nilai yang baik dari setiap siswa bisa dilihat dari setiap pertemuan
karena dengan menggunakan media flashcard aspek afektif, kognitif, dan
psikomotorik terlihat pada proses pembelajaran. Penilaian aspek afektif setiap
siswa dinilai ketika siswa mampu bekerjasama, dan mampu menghargai
pendapat temannya pada saat proses pembelajaran seperti diskusi. Penilaian
aspek kognitif setiap siswa dinilai ketika siswa memperhatikan dan mampu
memahami media flashcard yang ditampilkan. Adapun penilaian aspek
psikomotorik setiap siswa dinilai ketika siswa berlomba-lomba untuk
menjawab pertanyaan baik individu maupun kelompok dan setiap jawaban
akan diberikan nilai dan langsung ditulis pada tabel penilaian di papantulis.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini
dikemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran
penulis dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Bagi siswa agar lebih meningkatkan motivasi belajar dengan menggunakan
media flashcard, sehingga dapat menambah pengetahuan dan wawasan
tentang Sejarah Kebudayaan Islam agar memperoleh nilai yang baik.
2. Bagi guru diharapkan menggunakan media, metode atau hal-hal yang
membuat siswa lebih termotivasi untuk belajar.
Ketersediaan
| ST20170218 | 218/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
218/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
