Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar PAI dalam Pencapaian Tujuan Pendidikan Nasional (Studi pada MA Al-Mubarak Akae Ulaweng Kab.Bone)
Yuliana/02.13.1078 - Personal Name
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Kegiatan Belajar
Mengajar PAI dalam Pencapaian Tujuan Pendidikan Nasional (Studi Pada MA
Al-Mubarak Akae Ulaweng Kab. Bone). Hal ini dianggap penting karena
pelaksanaan kegiatan belajar mengajar PAI merupakan inti kegiatan dalam
pendidikan yang dapat mempengaruhi tercapainya tujuan pendidikan nasional.
Adapun yang menjadi objek dalam penelitian ini yakni kepala madrasah,
wakamad kurikulum, guru PAI, kepala laboratorium dan peserta didik di MA Al-
Mubarak Akae Ulaweng.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, penelitian dilakukan
dengan menggunakan dua metode pengumpulan data yaitu library reseach dengan
melalui buku-buku dan karya ilmiah, dan metode penelitian lapangan (Field
Reseach) dengan menggunakan teknik wawancara (interview), dokumentasi, dan
observasi. Data yang diperoleh diolah dengan teknik kualitatif, selanjutnya
dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan kegiatan belajar mengajar yang diterapkan
MA Al-Mubarak Akae Ulaweng dalam pencapaian tujuan pendidikan nasional
adalah terpacu pada kurikulum 2013 dengan membentuk karakter siswa yang
beriman dan bertakwa, sehingga pencapaian tujuan pendidikan agama Islam di
MA Al-Mubarak Akae Ulaweng terbukti dengan adanya peserta didik yang
bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas, melaksanakan dan mengamalkan
ketentuan hukum Islam serta menghindari akhlak tercela dalam kehidupan seharihari.
Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pendidikan agama Islam di MA Al-
Mubarak Akae Ulaweng berdasarkan kurikulum 2013, menumbuhkembangkan
akidah melalui pengetahuan, penghayatan, pengamalan dan pembiasaan bagi
peserta didik, sehingga mampu menjadi manusia yang beriman dan bertakwa
kepada Allah swt. dan mewujudkan peserta didik yang berakhlak mulia dan
bertanggung jawab melalui bimbingan para pendidik.
Implikasi dalam penelitian ini diharapkan kepada pihak-pihak yang ada di
MA Al-Mubarak Akae Ulaweng menerapkan cara belajar siswa aktif, melakukan
sosialisasi dan kerjasama yang baik dengan para warga madrasah, orang tua siswa
dan para tokoh masyarakat untuk mengembangkan pendidikan agama Islam, dan
melakukan evaluasi untuk meningkatkan taraf pendidikan agama Islam yang
sesuai dengan pendidikan nasional.
A. Simpulan
Kesimpulan dari pembahasan skripsi ini, yaitu sebagai berikut:
1. Bentuk pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang diterapkan di MA Al-
Mubarak Akae Ulaweng dalam pencapaian tujuan pendidikan nasional
adalah dengan terpacu pada kurikulum 2013, mulai menerapkan
pembelajaran yang sesuai dengan minat siswa terutama pada kelas X,
pendidik mengarahkan siswa untuk mempraktekkan dan mengaplikasikan
ilmu pengetahuan yang telah diajarkan, serta menghantarkan siswa untuk
menjadi manusia yang beriman dan bertakwa.
2. Pencapaian tujuan pendidikan agama Islam di MA Al-Mubarak Akae
Ulaweng adalah terbentuknya peserta didik yang bertanggung jawab
dalam mengerjakan tugas, melaksanakan dan mengamalkan ketentuan
hukum Islam serta menghindari akhlak tercela dalam kehidupan seharihari
dan terbentuknya peserta didik yang beriman dan bertakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa.
3. Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pendidikan agama Islam di MA Al-
Mubarak Akae Ulaweng dalam pencapaian tujuan pendidikan nasional
adalah berdasarkan kurikulum 2013, membekali peserta didik tentang
prinsip dan kaidah serta tata cara pelaksanaan hukum Islam yang benar,
sehingga mampu menjadi muslim yang beriman dan bertakwa.
Menekankan peserta didik pada pembiasaan untuk melaksanakan akhlak
terpuji dan menjauhi akhlak tercela, menumbuhkembangkan akidah
melalui pengetahuan, penghayatan, pengamalan dan pembiasaan bagi
peserta didik, sehingga mampu menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada Allah swt. dan mewujudkan peserta didik yang berakhlak
mulia dan bertanggung jawab melalui bimbingan para pendidik.
B. Implikasi
Berdasarkan pembahasan Skripsi ini, penulis dapat memberikan implikasi
yaitu sebagai berikut:
1. Hal yang harus dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam di MA Al-
Mubarak Akae Ulaweng adalah menerapkan cara belajar siswa aktif,
selalu melakukan evaluasi, menerapkan metode pembelajaran modern
yang sesuai dengan materi pembelajaran pendidikan agama Islam, melatih
dan membimbing peserta didik untuk berceramah sejak dini, serta
menjadi teladan untuk peserta didik dalam melaksanakan shalat duhur
tepat waktu di Masjid.
2. Guru pendidikan agama Islam di MA Al-Mubarak Akae Ulaweng perlu
memaksimalkan kerjasama dengan para warga madrasah, orang tua siswa
dan tokoh masyarakat dalam meningkatkan kualitas pendidikan untuk
mencapai strategi dalam pencapaian tujuan pendidikan nasional.
3. Guru pendidikan Agama Islam yang ada di MA Al-Mubarak Akae
Ulaweng perlu meningkatkan program kegiatan keagamaan yang bersifat
praktis untuk dimanfaatkan secara langsung seperti dakwah, kemampuan
membaca Al-Qur’an, dan kesiapan dalam menjadi Imam masjid untuk
memberikan kontribusi secara nyata di masyarakat.
Mengajar PAI dalam Pencapaian Tujuan Pendidikan Nasional (Studi Pada MA
Al-Mubarak Akae Ulaweng Kab. Bone). Hal ini dianggap penting karena
pelaksanaan kegiatan belajar mengajar PAI merupakan inti kegiatan dalam
pendidikan yang dapat mempengaruhi tercapainya tujuan pendidikan nasional.
Adapun yang menjadi objek dalam penelitian ini yakni kepala madrasah,
wakamad kurikulum, guru PAI, kepala laboratorium dan peserta didik di MA Al-
Mubarak Akae Ulaweng.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, penelitian dilakukan
dengan menggunakan dua metode pengumpulan data yaitu library reseach dengan
melalui buku-buku dan karya ilmiah, dan metode penelitian lapangan (Field
Reseach) dengan menggunakan teknik wawancara (interview), dokumentasi, dan
observasi. Data yang diperoleh diolah dengan teknik kualitatif, selanjutnya
dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan kegiatan belajar mengajar yang diterapkan
MA Al-Mubarak Akae Ulaweng dalam pencapaian tujuan pendidikan nasional
adalah terpacu pada kurikulum 2013 dengan membentuk karakter siswa yang
beriman dan bertakwa, sehingga pencapaian tujuan pendidikan agama Islam di
MA Al-Mubarak Akae Ulaweng terbukti dengan adanya peserta didik yang
bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas, melaksanakan dan mengamalkan
ketentuan hukum Islam serta menghindari akhlak tercela dalam kehidupan seharihari.
Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pendidikan agama Islam di MA Al-
Mubarak Akae Ulaweng berdasarkan kurikulum 2013, menumbuhkembangkan
akidah melalui pengetahuan, penghayatan, pengamalan dan pembiasaan bagi
peserta didik, sehingga mampu menjadi manusia yang beriman dan bertakwa
kepada Allah swt. dan mewujudkan peserta didik yang berakhlak mulia dan
bertanggung jawab melalui bimbingan para pendidik.
Implikasi dalam penelitian ini diharapkan kepada pihak-pihak yang ada di
MA Al-Mubarak Akae Ulaweng menerapkan cara belajar siswa aktif, melakukan
sosialisasi dan kerjasama yang baik dengan para warga madrasah, orang tua siswa
dan para tokoh masyarakat untuk mengembangkan pendidikan agama Islam, dan
melakukan evaluasi untuk meningkatkan taraf pendidikan agama Islam yang
sesuai dengan pendidikan nasional.
A. Simpulan
Kesimpulan dari pembahasan skripsi ini, yaitu sebagai berikut:
1. Bentuk pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang diterapkan di MA Al-
Mubarak Akae Ulaweng dalam pencapaian tujuan pendidikan nasional
adalah dengan terpacu pada kurikulum 2013, mulai menerapkan
pembelajaran yang sesuai dengan minat siswa terutama pada kelas X,
pendidik mengarahkan siswa untuk mempraktekkan dan mengaplikasikan
ilmu pengetahuan yang telah diajarkan, serta menghantarkan siswa untuk
menjadi manusia yang beriman dan bertakwa.
2. Pencapaian tujuan pendidikan agama Islam di MA Al-Mubarak Akae
Ulaweng adalah terbentuknya peserta didik yang bertanggung jawab
dalam mengerjakan tugas, melaksanakan dan mengamalkan ketentuan
hukum Islam serta menghindari akhlak tercela dalam kehidupan seharihari
dan terbentuknya peserta didik yang beriman dan bertakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa.
3. Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pendidikan agama Islam di MA Al-
Mubarak Akae Ulaweng dalam pencapaian tujuan pendidikan nasional
adalah berdasarkan kurikulum 2013, membekali peserta didik tentang
prinsip dan kaidah serta tata cara pelaksanaan hukum Islam yang benar,
sehingga mampu menjadi muslim yang beriman dan bertakwa.
Menekankan peserta didik pada pembiasaan untuk melaksanakan akhlak
terpuji dan menjauhi akhlak tercela, menumbuhkembangkan akidah
melalui pengetahuan, penghayatan, pengamalan dan pembiasaan bagi
peserta didik, sehingga mampu menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada Allah swt. dan mewujudkan peserta didik yang berakhlak
mulia dan bertanggung jawab melalui bimbingan para pendidik.
B. Implikasi
Berdasarkan pembahasan Skripsi ini, penulis dapat memberikan implikasi
yaitu sebagai berikut:
1. Hal yang harus dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam di MA Al-
Mubarak Akae Ulaweng adalah menerapkan cara belajar siswa aktif,
selalu melakukan evaluasi, menerapkan metode pembelajaran modern
yang sesuai dengan materi pembelajaran pendidikan agama Islam, melatih
dan membimbing peserta didik untuk berceramah sejak dini, serta
menjadi teladan untuk peserta didik dalam melaksanakan shalat duhur
tepat waktu di Masjid.
2. Guru pendidikan agama Islam di MA Al-Mubarak Akae Ulaweng perlu
memaksimalkan kerjasama dengan para warga madrasah, orang tua siswa
dan tokoh masyarakat dalam meningkatkan kualitas pendidikan untuk
mencapai strategi dalam pencapaian tujuan pendidikan nasional.
3. Guru pendidikan Agama Islam yang ada di MA Al-Mubarak Akae
Ulaweng perlu meningkatkan program kegiatan keagamaan yang bersifat
praktis untuk dimanfaatkan secara langsung seperti dakwah, kemampuan
membaca Al-Qur’an, dan kesiapan dalam menjadi Imam masjid untuk
memberikan kontribusi secara nyata di masyarakat.
Ketersediaan
| ST20170273 | 273/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
273/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
