Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Minat Masyarakat Membeli BibitGelondong (Studi Kasus Bone Pute Kecamatan Tonra)
Hasriana/01.12.3075 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang pengaruh inovasi produk terhadap minat
masyarakat membeli bibit gelondong. Argumen yang mendasarinya, yaitu setiap
pembeli yang membeli bibit gelondong ini yang menjadi pertimbangan utamanya
adalah inovasi produk. Karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)
apakah produk inovasi berpengaruh terhadap minat pembelian bibit gelondong.,
(2) bagaimana pengaruh produk inovasi terhadap pembelian bibit gelondong.
Berdasarkan tujuan penelitian di atas, maka jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian lapangan dan desain yang digunakan adalah desain konfirmatori
dengan pendekatan kuantitatif yang didukung dengan metode observasi, angket,
dan dokumentasi dan studi pustaka dalam mengumpulkan data yang diperlukan.
Data yang telah terkumpul kemudian diolah dengan menggunakan analisis
statistik, yaitu hasil uji regresi, dalam mengetahui pengaruh inovasi produk dan
terhadap minat masyarakat membeli bibit gelondong di Desa Bone Pute dengan
menggunakan bantuan program SPSS versi 19 for Windows.
Hasil analisis menunjukkan bahwa inovasi produk berpengaruh signifikan
(p = 0,000) dan berhubungan positif (t = 3,222) dengan minat masyarakat
membeli bibit gelondong di Desa Bone Pute Kecamatan Tonra. Hasilnya ini dapat
dijadikan sebagai acuan untuk menarik minat masyarakat membeli bibit
gelondong di Desa Bone Pute Kecamatan Tonra.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan di atas, maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut:
1. Dari hasil uji hipotesis di atas menunujukkan bahwa variabel inovasi produk
berpengaruh secara signifikan dan berkorelasi positif terhadap minat masyarakat
membeli bibit gelondong di Desa Bone Pute Kecamatan Tonra (t = 0.325, p =
0,000). Meskipun berpengaruh signifikan akan tapi bukan satu-satunya variabel
yang berpengaruh, karena kontribusinya terhadap minat masyarakat membeli
bibit gelondong hanya 0.325 (30%). Meskipun demikian, variabel ini (inovasi
produk) merupakan hal yang cukup mempengaruhi minat masyarakat membeli
bibit gelondong di Desa Bone Pute Kecamatan Tonra, khususnya konsumen yang
membeli bibit gelondong di Desa Bone Pute Kecamatan Tonra.
2. Besarnya pengaruh variabel inovasi produk terhadap minat masyarakat membeli
bibit gelondong dari hasil uji analisis regresi yang dilakukan, yaitu variabel
inovasi produk (X) sebesar 0.562 (55%)
B. Saran
Setelah melakukan penelitian, pembahasan dan merumuskan kesimpulan dari
hasil penelitian, maka penulis memberika beberapa saran yang berkaitan dengan
penelitian yang telah dilakukan untuk dijadikan masukan dan pertimbangan yang
berguna bagi pihak- pihak yang berkepentingan, antara lain:
1. Konsumen yang membeli bibit gelondong melalui pengusaha bibit gelondong di
Desa Bone Pute Kecamatan Tonra di harapkan dapat lebih mengembangkan
usahanya dengan memberikan inovasi produk yang berkualitas.
2. Pengusaha bibit gelondong di harapkan dapat meberikan bibit yang lebih
berkualitas sehingga para pelaku usaha bibit gelondong akan lebih berkembang
usahanya, yaitu dengan memberikan bibit yang berkualitas dan memberikan
pelayanan yang memuaskan.
masyarakat membeli bibit gelondong. Argumen yang mendasarinya, yaitu setiap
pembeli yang membeli bibit gelondong ini yang menjadi pertimbangan utamanya
adalah inovasi produk. Karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)
apakah produk inovasi berpengaruh terhadap minat pembelian bibit gelondong.,
(2) bagaimana pengaruh produk inovasi terhadap pembelian bibit gelondong.
Berdasarkan tujuan penelitian di atas, maka jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian lapangan dan desain yang digunakan adalah desain konfirmatori
dengan pendekatan kuantitatif yang didukung dengan metode observasi, angket,
dan dokumentasi dan studi pustaka dalam mengumpulkan data yang diperlukan.
Data yang telah terkumpul kemudian diolah dengan menggunakan analisis
statistik, yaitu hasil uji regresi, dalam mengetahui pengaruh inovasi produk dan
terhadap minat masyarakat membeli bibit gelondong di Desa Bone Pute dengan
menggunakan bantuan program SPSS versi 19 for Windows.
Hasil analisis menunjukkan bahwa inovasi produk berpengaruh signifikan
(p = 0,000) dan berhubungan positif (t = 3,222) dengan minat masyarakat
membeli bibit gelondong di Desa Bone Pute Kecamatan Tonra. Hasilnya ini dapat
dijadikan sebagai acuan untuk menarik minat masyarakat membeli bibit
gelondong di Desa Bone Pute Kecamatan Tonra.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan di atas, maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut:
1. Dari hasil uji hipotesis di atas menunujukkan bahwa variabel inovasi produk
berpengaruh secara signifikan dan berkorelasi positif terhadap minat masyarakat
membeli bibit gelondong di Desa Bone Pute Kecamatan Tonra (t = 0.325, p =
0,000). Meskipun berpengaruh signifikan akan tapi bukan satu-satunya variabel
yang berpengaruh, karena kontribusinya terhadap minat masyarakat membeli
bibit gelondong hanya 0.325 (30%). Meskipun demikian, variabel ini (inovasi
produk) merupakan hal yang cukup mempengaruhi minat masyarakat membeli
bibit gelondong di Desa Bone Pute Kecamatan Tonra, khususnya konsumen yang
membeli bibit gelondong di Desa Bone Pute Kecamatan Tonra.
2. Besarnya pengaruh variabel inovasi produk terhadap minat masyarakat membeli
bibit gelondong dari hasil uji analisis regresi yang dilakukan, yaitu variabel
inovasi produk (X) sebesar 0.562 (55%)
B. Saran
Setelah melakukan penelitian, pembahasan dan merumuskan kesimpulan dari
hasil penelitian, maka penulis memberika beberapa saran yang berkaitan dengan
penelitian yang telah dilakukan untuk dijadikan masukan dan pertimbangan yang
berguna bagi pihak- pihak yang berkepentingan, antara lain:
1. Konsumen yang membeli bibit gelondong melalui pengusaha bibit gelondong di
Desa Bone Pute Kecamatan Tonra di harapkan dapat lebih mengembangkan
usahanya dengan memberikan inovasi produk yang berkualitas.
2. Pengusaha bibit gelondong di harapkan dapat meberikan bibit yang lebih
berkualitas sehingga para pelaku usaha bibit gelondong akan lebih berkembang
usahanya, yaitu dengan memberikan bibit yang berkualitas dan memberikan
pelayanan yang memuaskan.
Ketersediaan
| SS20170337 | 227/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
227/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skrisi Syariah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
